Kamis, 25 Agustus 2011

MENTAL PEDAGANG! :D

Mental pedagang!

Haha saya tertawa sendiri ketika menuliskan 2 kata itu.. Tapi ya, saya suka itu.. Saya memiliki mental pedagang ;)



Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya sudah mulai berjualan.. Waktu itu saya jualan kertas surat, amplop, dan perangko.. Saya beli di Ramayana dekat rumah, lalu saya jual ke teman-teman.. Harga persisnya saya lupa, kira-kira Rp 100 - 500.. Saya tidak malu, bahkan saya senang sekali.. Karena saat itu juga salah satu sahabat saya jualan cerpen (diketik dengan mesin tik di kertas HVS dan cerita buatannya dijual dengan harga Rp 500 - 2500 tergantung bagusnya cerita).. Ada juga seorang teman yang jualan coklat buatan dia dan kakaknya.. Wah, saya bahkan minder melihat teman2 saya yang dengan gigihnya jualan, padahal mereka pun orang mampu, bahkan lebih mampu dibandingkan saya..



Dulu, alm. Papa saya marah jika tau saya berjualan.. Mungkin karena dia merasa saya seperti kekurangan uang.. Padahal tidak sama sekali, saya memang menyukai itu..



Waktu terus berjalan, saya lupa saya pernah jual apa saja.. Bikin jasa penyewaan buku cerita, jasa pe'nyampul'an buku tulis dari calendar, bikin frame dari kardus dihias dan dijual, lukisan (selain suka jualan, saya juga suka melukis loh hehe) dll wahh lupaaa apalagi yaa? Yang pasti saya memang memiliki kesenangan tersendiri saat membeli atau membuat sesuatu, dan hasilnya dihargai oleh orang lain.. Meskipun beberapa kali hanya balik modal saja hehehe..



Di lingkungan perumahan dan sekolah pun, saya senang saat diminta untuk keliling rumah atau kelas untuk meminta sumbangan atau 'nagih' uang buat acara tertentu.. Saya menyukai suasana saat harus bernegosiasi dan menawarkan sesuatu sampai orang lain tertarik..



Saat saya baru masuk kuliah, jumlah online shop masih belum terlalu banyak seperti sekarang, yang kalo kita masuk ke situs jaringan sosial, siapapun kamu ga akan mungkin ga menemukan account online shop hehe.. Waktu itu, awalnya saya lagi jalan2 ke salah satu pusat grosir, niatnya mau belanja buat keperluan diri sendiri, tapi begitu sampai disana entah mengapa saya jadi berpikir untuk jualan baju2 itu.. Akhirnya saya membeli hanya 2pcs kaos lalu saya upload fotonya di facebook (saya minta tolong orang dirumah untuk foto saya menggunakan baju yang ingin dijual itu.. Dan hasilnya WOW, dalam waktu 3jam sekitar 50orang add facebook online shop saya dan sekitar 10 orang memesan baju jualan saya.. Saya semakin senang, terus2an saya mengelola online shop tersebut, hampir setiap hari saya pergi ke pertokoan (manapun untuk selalu update model baju), ke TIKI/JNE untuk kirim barang, dan bolak-balik ATM untuk cek uang masuk hehehe.. Tidak hanya barang saya sendiri, saya mulai mengenal banyak online shop lain dan menjadi reseller barang jualan mereka, tujuannya agar saya bisa tetap jualan meskipun saya tidak sempat restock barang saat saya ujian.. Saya mulai ikut bazaar, garage sale, bahkan mengangkat satu orang teman yang bersedia dijadikan assistant untuk mengelola online shop saya..



Terus, terus seperti itu sampai saya menutup online shop tersebut. Waktu itu sudah mulai banyak bermunculan online shop dan saya merasa memerlukan perubahan.. Diam, diam, tanpa ada aksi saya pun sempat berhenti jualan, berhenti jualan di online shop, tapi kalo ada bazaar saya masih ikut karena masih menyimpan stock lama (termasuk stock baju baru yang kebeli ternyata kurang cocok di badan saya, ya dijual saja).. Via BBM juga saya masih berusaha menawarkan barang jualan orang lain ke teman-teman saja (harganya di mark up saja hehe).. Selama kuliah, setiap celah dimana saya bisa jualan, saya akan jualan..



Mulai masuk kerja, saya mengajak teman-teman untuk bisnis bareng (sekarang tahapnya mulai lebih serius hehe).. Mulai lah saya bekerja sama dengan 2 kelompok yang 2"nya jualan di online shop.. Hanya beda konsep.. Di 1 online shop benar2 kami hanya sebagai penjual mentah (beli lalu jual), dan di 1 online shop lainnya kami mencoba untuk memberikan merk dan memberikan aksen tambahan pada bajunya sebelum dijual.. Hasilnya, online shop ini pun sekarang stuck haaha karena saya sekarang jualan yang lain.. Tapi kalo kalian mau liat baju jualan saya, masih ada kok.. Bahkan saya masih siap untuk ikut bazaar untuk jualan baju2 ini.. Karena saya juga sudah bermodalkan mannequin.. Mungkin one day, saya akan buka butik.. AAMIIN.. Biarkan saya bermimpi, karena saya dapat wujudkan menjadi kenyataan..



Jualan apakah saya saat ini? ;) ;)



1. SALES EXECUTIVE (AE)

Pedagang? Yes, tetap judulnya pedagang.. Tapi executive, keren kan? Saya bekerja di sebuah perusahaan media yang bisa dibilang ternama.. Konvensional, tapi kalo saya sebut nama 3 radio ini pasti kamu tau.. Kalo ga tau, kamu kurang gaul! Haha..



Pekerjaan ini menuntut saya untuk berhubungan dengan orang banyak, berjualan space iklan dan program yang bisa dijual.. Pokonya intinya cari uang buat perusahaan.. Saya dapat uang darimana? Dari komisi dong.. 6bulan kerja sih cuma dapet uang buat ongkos sehari2 aja, tapi lewat dari 6bulan masih probation kemudian diangkat menjadi pegawai tetap, alhamdulillah saya bisa lah belanja2 hehe.. Lumayan, pendapatannya bisa 2x lipat dari pendapatan saya waktu jualan online..



2. TIM JENDRAL (GUBERNUR dong) MAICIH @infomaicih

Jualan ini lah yang paling seru.. Cuma KERIPIK PEDAS! Siapa yang menyangka jualan makanan ringan seperti itu hasilnya bisa buat beli mobil bahkan rumah?! Saya? Bukan saya kok yang beli mobil dan uang dari uang #maicih.. Beluuuum hehe..

Cara jualannya unik, buat info yang di deliver ke si 'emak', begitu saya memanggilnya.. Lalu emak akan menginfokan kembali di twitter @infomaicih.. Dan WOW, sekitar 7bulan saya jualan #maicih, contact BBM icihers (penggemar #maicih) saya mencapai 1000org.. Semuanya saya ajak utk mengenal #maicih.. Mungkin mereka bosan dan eneg juga saya BM terus, tapi jika tidak diinfo, mereka kurang terupdate juga.. Diantara mereka bisa sampai keliling Jabodetabek untuk beli #maicih, karena sering sekali mereka mendatangi kami si penjual yang 'gentayangan', tapi kehabisan..



Hmm,

Ternyata saya sudah jualan bertahun-tahun ya, bahkan lebih dari setengah dari umur saya sekarang haha..

Yang nama jualan, pasti ada naik turunnya, mudah susahnya, bahkan beberapa kali ada penyusutan! Semuanya bisa karena banyak faktor, termasuk pedagangnya yang lagi turun semangatnya.. hehe..



Tapi yang namanya MENTAL PEDAGANG, balik ke personality masing-masing orang.. Tidak semua orang bisa JUALAN..



Maka, hargai lah mereka si PEDAGANG, karena ternyata seorang pedagang memiliki satu mental tersendiri yang belum tentu kamu punya.. Bahkan kamu bisa aja BENAR-BENAR TIDAK bisa.. :) :)

1 komentar:

  1. bagus mbak :) inspiratif buat ane yang mau terjun langsung ke lapangan,.

    BalasHapus

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
the best thing from all the women u ever know.